Tujuan Iklan Reklame adalah untuk memperkenalkan hasil suatu produksi atau barang kepada masyarakat luas sehingga masyarakat telah mengenal dan berusaha untuk memiliki atau membeli barang atau produk tersebut.

Arti reklame: sebagai alat propaganda untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau barang.
Tujuannya: agar barang dagangan dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat dapat membeli, dan memilikinya.
Syarat reklame:
1.       Gambar reklame harus sesuai dengan barang yang direklamekan
2.       Reklame tidak boleh bohong
3.       Kalimat harus jelas, singkat dan mudah diingat
4.       Warna harus bagus, menyolok atau kontras.
Sifat reklame:
-    Komersil, tujuannya untuk mendatangkan keuntungan
-    Sosial, tujuannya untuk menerangkan, menyiapkan, menganjurkan (saran), permintaan kepada masyarakat.
Bentuk-bentuk reklame:
 poster, spanduk, stiker, slide, brosur, pamflet.
Menurut pemasangannya dibagi menjadi 2, yaitu:
1.    Reklame di dalam ruangan. Contohnya: TV, radio, kalender, jam dinding
2.    Reklame di luar ruangan. Contohnya: poster, spanduk.
Fungsi reklame
1.    Memperkenalkan produk kepada masyarakat
2.    Alat komunikasi.
Jenis-jenis reklame
-          Iklan, adalah reklame yang ditujukan kepada masyarakat tertentu yang merupakan memperkenalkan atau menjual barang-barang
-          Poster, adalah reklame berupa papan pengumuman yang mengenalkan suatu produk yang terdiri dari gambar dan tulisan berisi himbauan dan anjuran
-          Spanduk, adalah reklame yang dibuat pada kain yang direntangkan di tepi-tepi jalan atau pada pohon-pohon atau di tempat-tempat penataran
-          Plakat, adalah pengumuman pada dinding atau tembok yang dipasang di tempat umum
-          Brosur, adalah bahan informasi tertulis yang terdiri dari beberapa halaman dan dapat dilipat
-          Pamflet, adalah selebaran kertas pengumuman yang disebarkan melalui kendaraan bermotor.
Reklame menurut peletakan medianya
1.       Reklame audio, adalah reklame yang hanya dapat dibuat dengan menggunakan suara. Contoh: radio.
2.       Reklame visual, adalah reklame yang dibuat melalui penglihatan atau yang dapat dilihat yang terdiri dari tulisan dan gambar. Contoh: poster, spanduk, majalah, slide.
3.       Reklame gabungan audiovisual, adalah reklame yang dapat dilihat dan didengar. Contoh: TV, bioskop.
  

0 comments so far,add yours